https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JM0NfQnBYOHYwQ00/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JMEJNZXdfVkdZVjg/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JR3F4OS0xQVNjYnM/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JRHBaY3hWUXp4M3c/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JSnBET19BRnR4S0k/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JazR6enNXaTdXTkU/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JMEJNZXdfVkdZVjg/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JR3F4OS0xQVNjYnM/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JRHBaY3hWUXp4M3c/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JSnBET19BRnR4S0k/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0B54MSKoIT45JazR6enNXaTdXTkU/edit?usp=sharing
MICROSOFT ACCESS
PEMECAHAN MASALAH DAN PENDEKATAN SISTEM
• Masalah adalah Suatu kondisi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian luar biasa atau menghasilkan keuntungan luar biasa
• Faktor yang mempengaruhi masalah : Merasakan masalah, Mengumpulkan informasi dan Menggunakan informasi
• Keputusan adalah pemilihan suatu strategi atau tindakan
• Pengambilan keputusan adalah tindakan memilih strategi atau aksi yang manajer yakini akan memberi solusi terbaik atas masalah tersebut
• Pendekatan Sistematis adalah suatu pendekatan sistematis untuk pemecahan masalah yaitu untuk merumuskan masalah dan peluang dan mengembangkan solusi :
1. Kenali dan rumuskan masalah atau peluang dengan menggunakan pemikiran sistem
2. Kembangkan dan evaluasi alternatif solusi sistem
3. Pilih solusi sistem yang memenuhi persyaratan anda
4. Desain solusi sistem yang dipilih
5. Implementasikan dan evaluasi kesuksesan sistem yang telah didesain
Kriteria Sistem yang baik :
• Berdaya guna secara efektif
• Waktu proses setiap tahap adalah optimum
• Mengandung unsur kelengkapan pelaksanaan
• Ongkosnya minimum diantara pilihan lainnya
• Mampu beradaptasi dengan lingkungan
• Sistemnya awet / berdaya guna lama
• Dapat berfungsi baik dalam keterbatasan yang ada
4 Kaidah dalam pendekatan sistem : Analisis, Sintesis, Desain ,Prosedur
System Development Life Cycle :
• Perbaikan hasil dengan biaya
• Efisiensi sumber daya
• Pengurangan / penambahan kapasitas
• Penyesuaian dengan peraturan baru
• Memperbaiki keadaan yang kurang baik
Tahapan SDLC :
1. Analisis Sistem
2. Rancangan Umum
3. Evaluasi dan Pemantapan Sistem
4. Rancangan Sistem Secara Rinci
5. Implementasi Sistem
Analisis Sistem :
• Menetapkan kebutuhan dan persoalan
• Ruang lingkup sistem
• Mendapatkan fakta berdasarkan studi
• Analisis fakta
Rancangan Umum :
• Bentuk umum rancangan
• Mendiskusikan pilihan-pilihan solusi
Evaluasi dan pemantapan sistem :
• Pengaruh sistem baru terhadap karyawan
• Analisis cost benefit / effectiveness dari pilihan untuk mendapatkan manfaat terbesar
Implementasi sistem :
• Pendidikan dan latihan bagi pemakai
• Menetapkan sistem pengujian
• Membuat sistem konversi ( lama à baru )
• Pengembangan kelanjutan sistem
Mengembangkan sistem bisnis :
A. Memulai Proses Pengembangan Sistem
• Punya peluang bisnis ?
• Apa prioritas bisnis kita ?
• Bagaimana teknologi informasi untuk mendukung bisnis kita ?
• ....
• ....
• ....
B. Sistem Investigasi
• Apakah organisasi mempunyai masalah bisnis ?
• Apa penyebab masalah tersebut ?
• Apakah SI yang baru dapat membantu menyelesaikan masalah ?
• Apa yang menyebabkan solusi menjadi layak ?
• Apakah bisnis punya peluang atau masalah ?
• Apakah pengembangan perencaaan proyek untuk mendapatkan persetujuan manajemen ?
4 pendekatan untuk menentukan kelayakan
1. Kelayakan organisasi
Melihat seberapa penting sistem dapat mendukung tujuan strategis organisasi
2. Kelayakan ekonomis
a. Cost Saving
b. Increased Revenue
c. Decreased Investment
d. Increased Profit
3. Kelayakan secara teknis
a. Hardware, software, reability and availability
b. Penambahan atas sistem yang ada
c. Menyediakan teknologi untuk memenuhi
kebutuhan
4. Kelayakan operasional
a. Management support system, supplier and
government requirement
b. Apakah sistem akan berjalan mulus setelah
dipasang
c. Apakah sistem tersebut akan dijalankan
C. Feasibility Study
• Interview pegawai, pelanggan dan manajer
• Questioner end user dalam organisasi
• Personal observation, keterlibatan dalam operasional bisnis
• Mempelajari dokumen, laporan, prosedur manual dan dokumen lainnya
• Mengembangkan, memanipulasi dan mengobservasi suatu model dari operasional bisnis
• Menuliskan laporan formal termasuk preliminary spesifikasi dan perencanaan pengembangan sistem yaitu proposal
• Tujuan : Mengevaluasi solusi sistem alternatif dan untuk mengusulkan aplikasi bisnis yang paling layak dan paling diinginkan untuk dikembangkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar