PEMBAHASAN KUIS KALKULUS 3
Dosen : Yusmia Widiastuti, SP, MM
1. Diketahui f(x) = x2 +5x – 5
a. Cari luas kurva f(x) = x2 +5x – 5 bila dibatasi oleh x = 0 dan x = 5
PEMBAHASAN :
langkah selanjutnya sama dengan aplikasi integral tertentu yang sudah dibahas di kalkulus 2
b. Cari volumenya bila diputar mengelilingi sumbu x dan dibatasi oleh x = 0 dan x = 2
PEMBAHASAN :
Volume =
c. Gambar kurva f(x) = x2 +5x – 5
2. Tentukan panjang kurva antara x = 3 dan x = 7
PEMBAHASAN :
Rumus panjang kurva =
dy/dx = 3x1/2
Jadi :
Dimisalkan u = 1 + 9x => du/dx = 9 => dx = du/9
Maka :
Cara selanjutnya sama dengan aturan integral yang lain
3. Sebuah pegas mempunyai panjang 12 inci dan apabila diperlukan gaya 5 pon untuk menarik dan menahannya sejauh 4 inci. Tentukan kerja yang diperlukan untuk menarik pegas itu sejauh 15 inci dari keadaan alami
PEMBAHASAN :
F(x) = kx
F(4) = 5 => k. 4 = 5
k = 1,25
Sehingga :
F(x) = 1,25 x
Bila pegas berada pada keadaan alami = 12 inci, maka perubahan panjang pegas =
15 – 12 = 3 inci. Sehingga kerja untuk meregangkan pegas adalah :
W =
4. Rumuskanlah f-1(x); kemudian cocokkanlah bahwa f-1(f(x)) = x dan bahwa f(f-1(x)) = x untuk f(x) = 2x – 4. Gambarkan juga kurva f(x) dan f-1(x)
PEMBAHASAN :
f(x) = 2x – 4
y = 2x – 4 => 2x = y + 4
x = ½ y + 2
f-1(x) = ½ x + 2
f-1(f(x)) = ½ f(x) + 2
= ½ (2x – 4) + 2
= x – 2 + 2
= x (terbukti bahwa f-1(f(x)) = x)
f((f-1x)) = 2 f-1(x) – 4
= 2 (½x + 2) – 4
= x + 4 – 4
= x (terbukti bahwa f(f-1(x)) = x)
Gambar Kurva :
f(x) = 2x - 4
5. =
PEMBAHASAN :
Integral di atas sesuai dengan rumus pada tabel integral no 17 :
Pembahasan Kuis Kalkulus 1
PEMBAHASAN KUIS KALKULUS 1
Dosen : Yusmia Widiastuti, SP, MM
1. Jika sin ( x + y ) = sin x cos y + sin y cos x, tentukan nilai sin ( x + y ) bila x = 120 dan y = 45
PEMBAHASAN :
Sin (120 + 45) = sin 120 cos 45 + sin 45 cos 120
= 0,25882
Jika secara langsung : sin (120 + 45) = sin 165 = 0,25882 (memiliki nilai yang sama)
1. Jika f(x) = 2x – 1, g(x) = 5x, h(x) = 6x + 3, tentukan (f ¡ g)(x)
PEMBAHASAN :
(f ¡ g)(x) = f(g(x))
= 2 (g(x)) – 1
= 2 (5x) – 1
= 10x - 1
2. Tentukan kekontinuan fungsi f(x) = 3x – 3 di x = 2
PEMBAHASAN :
Syarat kekontinuan :
1. = 3(2) – 3 = 6 – 3 = 3
2. f(2) = 3(2) – 3 = 6 – 3 = 3
3. nilai lim dan f(c) sama
Sehingga dapat disimpulkan bahwa fungsi f(x) = 3x – 3 kontinue x = 2
Gambar dari f(x) = 3x - 3
3. Jika f(x) = 2x3 – 5x2, g(x) = 6x2, tentukan f(x) . g(x)
PEMBAHASAN :
f(x) = 2x3 – 5x2 ® f ’(x) = 6x2 - 10x
g(x) = 6x2 ® g ‘ (x) = 12x
f(x) . g(x) = f ’(x) . g(x) + f(x) . g ‘ (x)
= (6x2 - 10x) (6x2) + (2x3 – 5x2) (12x)
= 36 x4 - 60 x3 + 24x4 - 60x3
= (36 + 24) x4 + (-60 – 60) x3
= 60 x4 - 120 x3
4. Tentukan turunan dari y = (5x3 – 6x2)198
PEMBAHASAN :
Misal : u = 5x3 – 6x2
= 15x2 – 12x
Turunan dari y = (5x3 – 6x2)198 disimbolkan dengan
Sesuai ATURAN RANTAI, turunan tersebut menjadi :
y = (u)198
Sehingga, turunan dari y = (5x3 – 6x2)198
5. Selesaikan sesederhana mungkin :
PEMBAHASAN :
6. Nyatakan himpunan penyelesaiaan dari ketaksamaan yang diberikan dan sketsakan grafiknya : 3x2 - 11 x – 4 ³ 0
PEMBAHASAN :
3x2 - 11 x – 4 ³ 0
( 3x - 1 ) ( x – 4 ) ³ 0
( 3x - 1 ) = 0 Þ x1 =
( x – 4 ) = 0 Þ x2 = 4
|
Himpunan Penyelesaian : { x | x < 1/3 , x > 4 }
7. Cari persamaan garis lurus yang melalui (2, 5) dan sejajar dengan persamaan yang gradiennya 3
PEMBAHASAN :
Karena sejajar, maka m1 = m2 = 3
y – y1 = m (x – x1)
y – 5 = 3 ( x – 2 )
y – 5 = 3x - 6
y = 3x - 6 + 5
y = 3x - 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar